Yayasan Bahrul Huda

0356-324405

Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo 45 - Tuban

triangle

Berita PGTK

PERINGATAN HARI GIZI DAN MABIT DI SEKOLAH (AKU SEHAT, AKU MANDIRI !!)

Penulis: Ustadzah Riqi Asfiyana Hasmi

  • Diposting: Rabu, 13 April 2016- 08:53:56 WIB | Dibaca: 142 pembaca

Tanggal 23-24 Maret 2016, menjadi hari yang dipilih sebagai peringatan hari gizi nasional. Acara ini merupakan kali kedua yang dilakukan PG-TK Bina Anak Sholeh Tuban.

Dengan konsep mabit (baca: menginap) di sekolah untuk jenjang TK B. sedangkan jengjang PG dan TK A, memeringatinya dengan membuat bekal sehat di sekolah, yang dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2016.

Tak ada hal yang tak menarik, jika membicarakan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak. Semisal, ketika jenjang TK A dan PG membuat bekal sehat (eskrim sawi dan menghias telur rebus), banyak hal-hal menarik yang mereka lakukan, ada yang awalnya sangat tidak menyukai sayuran, karena dikemas dalam bentuk yang berbeda, mereka sangat suka, sampai-sampai minta tambah terus.

Lain halnya dengan jenjang TK B, mereka memulai kegitan di sore harinya, karena akan menginap di sekolah. Pukul 15.30 WIB, sudah banyak sisiwa yang diantar orang tua untuk menginap, ada yang terlihat senang, ada pula yang tidak tega ditinggal oleh orang tuanya. Namun, ketika sesi melihat tayangan gizi para siswa sudah terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan.

Keseruan semakin bertambah, manakala hari semakin malam. Seusai melakukan kegiatan makan malam bersama, dan menunaikan ibadah sholat maghrib dan isya’. Anak-anak diajak melakukan kegiatan permainan tradisional, kucing-kucingan dan ular naga panjang. Memainkan kegiatan fisik motorik memang sangat seru sekali, haliniter gambar dari sorak sorai mereka ketika melakukan kegiatan tersebut.

Seusai, permainan fisik motorik, anak-anak diajak untuk menonton video tentang kerasnya perjuangan untuk bisa sekolah di daerah Jawa Barat. Harapan kami adalah, agar mereka lebih bersyukur, diberi kemudahan untuk bersekolah, lebih-lebih, agar mereka lebih giat dan semangat untuk bersekolah.

Waktu menunjukkan pukul 21.00 WIB, anak-anak dipersiapkan untuk beristirahat. Tak seperti tahun sebelumnya, mabit kali ini beberapa anak mengompo l ketikatidur. Dan hal tersebut membuat ustadzah cukup kuwalahan. Namun, semua itu menjadi motivasi bagi anak-anak yang masih suka ngompol ketika tidur, teman-teman yang seusia dengan mereka sudah bisa mengontrol buang air kecil. sekali lagi, harapan kami, agar mereka bisa belajar mengontrol buang air kecil ketika tidur. Mengingat, mereka akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Esok harinya, mereka sudah dibangunkan jam 04.00 WIB untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah, dilanjut beres-beres peralatan tidur, senam bersama, dan sarapan. Sekitar pukul 07.00 WIB orang tua mereka sudah mulai menjemput. Semoga mereka semua tumbuh menjadi anak-anak yang semakin mandiri. Aamiin.